Selasa, 15 Februari 2011

CARA MEMBUAT THEMA HP SYMBIAN/S60

Semoga yang akan saya sampaikan disini bisa berguna dan bermanfaat.
Karena selama ini bila kita ingin thema atau skin utk menghiasi layar Hp kita,harus beli atau download,Kini Saatnya kita berkreasi membuat tema sendiri dgn gambar atau photo sesuai dgn yg kita mau.
Dengan bantuan applikasi Tbuilder kita bisa membuat thema untuk Handphone kita.. Buat temen2 yg belum punya aplikasinya,silahkan bs download disini..!!
Bagaimana Cara membuatnya ?!
Marilah Kita belajar sama-sama...

CARANYA :
Sebelum membuat tema ada beberapa hal yg harus kita persiapkan dan kita perhatikan :
I. Install applikasi Tbuilder v1.1 atau Tbuildes v2S60 2nd
II. Install Python S60v2
III. Install Python modul pack.
Selain itu yg perlu diperhatikan:
1. Kondisi battery full
2. Memory yg free diatas 50Mb
3. Hp bersih dari virus.

Nach setelah semuanya sudah siap kita sekarang mulai membuat.


Langkah-Langkahnya :

Silahkan temen buka applikasi Tbuilder yg sudah terinstall tadi. Temen2 bisa mengikuti petunjuk lewat option atau bagi pemula silahkan mengikuti panduan yang akan di ulas berikut ini :
1. Setelah apps. Tbuilder terbuka,geser tombol navigasi ke kanan. Disini akan muncul file image di hp temen2. Ingat simpan semua file image dengan menggunakan fileman atau Explorer di folder image. Setelah file image terbuka klik Ok difile gambar yg anda pilih,maka terbukalah gambar yg menjadi background utama dr thema yg kita buat.
2. Berikutnya,geser tombol navigasi kebawah. Tahap ini untuk menentukan indicator signal & battery,selanjutya geser tombol navigasi ke kanan untuk memilih model indicator,dan berhenti di pilihan temen2.
3. Geser tombol navigasi kebawah. Tahap ini untuk menampilkan jam digital di tema yg sdg kita buat. Selanjutnya geser kekanan untuk memilih jam yg akan ditampilkan.
4. Geser tombol navigasi kebawah. Tahap ini untuk menampilkan addres (operator seluler). Untuk memilih warna geser tombol navigasi kekanan. Disitu ada 3 pilihan warna yg bisa dikombinasikan sesuai yg anda inginkan dan tekan Ok atau pada yg bertuliskan arab.
5. Geser tombol navigasi kebawah.Tahap ini untuk menampilkan jam analog.Untuk memilih format jam geser tombol navigasi kekanan dan berhenti pd pilihan.
6. Geser tombol kebawah.Tahap ini utk menampilkan indicator volume disaat kita nelpon atau terima telpon.Untuk memilih geser tombol navigasi kekanan dan berhenti pd pilihan.
7. Geser tombol navigasi kebawah.Tahap ini utk memilih warna Badges.Utk memilihnya geser tombol navigasi kekanan,tentukan pilihan dan tekan pd yg bertuliskan arab disudut kanan bawah.
8. Geser tombol navigasi kebawah. Tahap ini utk menampilkan nmr hp atau kontak disaat kita nelpon atau terima telpon.
9. Geser tombol navigasi kebawah. Tahap ini utk menampilkan softkey. Utk memilih warna geser tombol navigasi kekanan,tentukan warna,dan tekan pd yg bertuliskan arab.
10. Geser tombol navigasi kebawah 1x,kekanan 1x. Akan muncul file image,tekan ok untuk gambar yg dipilih yg akan mjd background ke2.
11. Geser tombol navigasi kebawah 4X. Tahap ini utk menampilkan Vspl.list. Lalu geser tombol navigasi kekanan dan berhenti pd yang anda inginkan.
12. Geser tombol navigasi kebawah 4X.Untuk memilih icon geser tombol navigasi kekanan dan berhenti pd yg anda inginkan.
13. Geser tombol navigasi kebawah. Tahap ini utk menampilkan chapter list. Utk memilih modelnya geser tombol navigasi kekanan dan berhenti pd pilihan anda.
14. Geser tombol navigasi kebawah 2X.Tahap ini utk menampilkan folder.Utk memilih geser tombol navigasi kekanan dan berhenti pd pilihan.
15. Geser tombol navigasi kebawah,lalu kekanan,akan muncul file image kmd pilih utk background Go-to.
16. Geser tombol navigasi kebawah 2X. Lalu tekan tombol navigasi pas ditengah dan tuliskan judul thema yg anda inginkan. Lalu geser tombol navigasi kebawah sampai pd yg bertuliskan arab dan klik,disini proses pembuatan thema telah dimulai.
Tunggu antara 12 sampai 15 menit sampai muncul konfirmarsi "Succeeded establishing this theme"kemudian tekan OK.

Selamat Mencoba..

Kamis, 10 Februari 2011

Susunan pin pada tabung CRT

Susuna pin pada tabung CRT sebagai berikut

1.Gnd (bisa kosong)
2.Gnd.
3.KG (green)
4.G2 (screen)
5.KR (red)
6.Heater
7.Heater
8.KB (blue)
9.Gnd (bisa kosong)

Tabung sejenis ini banyak dipakai pada Televisi & monitor



1.Gnd (bisa kosong)
2.Gnd
3.KG (green)
4.G2 (screen)
5.KR (red)
6.Heater
7.Heater
8.KB (blue)

Tabung sejenis ini jarang di gunakan pada Televisi & monitos yang beredar di pasaran.


1.KB (blue)
2.Heater
3.Heater
4.Gnd
5.KR (red)
6.G2 (screen)
7.KG (green)

Tabung sejenis ini di gunakan pada televisi (tabung leher kecil)



1.KB (blue)
2.Gnd
3.Gnd
4.Heater
5.Heater
6.KR (red)
7.Gnd
8.G2 (screen)
9.Gnd
10.KR (red)
11.Gnd

Tabumg sejenis ini digunakan pada Televisi keluaran lama.



1.G2 (screen)
2.Gnd
3.Heater
4.Heater
5.Gnd (bisa kosong)
6.KB (blue)
7.KG (green)
8.KR (red)
9.Gnd (bisa kosong)

Tabung sejenis ini kebanyakan di pakai pada Televisi merek Sony.



1.Gnd
2.Gnd (bisa kosong)
3.Heater
4.Heater
5.Gnd (bisa kosong)
6.KR (red)
7.KG (green)
8.KB (blue)
9.Gnd
10.G2 (screen)
11.Gnd (bisa kosong)

Tabung sejenis ini banyak juga di pakai TV merek Sony



1.Blue screen
2.Gnd
3.KB (blue)
4.Green screen
5.Heater
6.KG (green)
7.Heater
8.Gnd
9.KR (red)
10.Gnd
11.Red screen

Tabung jenis ini digunakan pada Televisi keluaran lama (TV kuno)

Cara menggunakan hp sebagai MODEM

Salah seorang sahabat saya sedang memiliki masalah dengan koneksi internet, keinginannya bisa surfing internet di rumah terkendala dengan biaya, laptop punya tapi belum memiliki anggaran untuk Modem

Internetnya. Akhirnya dengan sedikit putar akal, jadilah Hp bekas SE K700i yang kondisinya sudah memprihatinkan menjadi modem ampuh. walau dengan kecepatan maksimal 115 kbps, namun teman saya tadi cukup puas dengan usaha saya membantunya, keluar dari masalah yang lumayan rumit.
Lalu bagaimana cara men setting Hp K700i tersebut sebagai modem internet? berikut tahapan-tahapannya, di urai dengan sederhana dan mengena.
Pertama, kita harus menyiapkan pirantinya. laptop dan hp SE K700i dengan koneksi menggunakan bluetooth. Ini jika laptop atau PC anda tidak memiliki fasilitas Bluetooth. Bluetooth sendiri bisa di beli di toko komputer dengan harga berkisar Rp.35.000 sampai Rp. 50.000
Ada prosedur dan setting yang perlu dilakukan sebelum bisa menggunakan hp sebagai modem dan mengakses internet. Baik setting yang dilakukan di komputer maupun di hp kita. disinilah letak tantangannya yang memerlukan kesabaran dan ketekunan.
Pertama, setting di hp. Kebetulan gue menggunakan kartu IM3. Mengapa im3 ? karena khabarnya IM3 yang murah untuk koneksi internet kartu pra bayar yang sudah memiliki jangkauan luas di indonesia. nah jika anda menggunakan Telkomsel, XL, Axis, Esia, dll bisa-bisa saja. tinggal sedikit edit setting sesuai alamat servernya.
Sebelumnya, pastikan bahwa kita sudah melakukan aktivasi GPRS untuk Hp kita. Untuk IM3 cara aktivasinya cukup mudah, yaitu via sms dengan mengetikkan GPRS nama dan hp kita kemudian kirim ke 3000. Contohnya, gue menggunakan sony ericsson K700i, maka gue ketik GPRS se k700i kirim ke 3000.
setelah menerima konfirmasi bahwa hp kita sudah di aktivasi baru kita melakukan setting GPRS di hp. Untuk melakukan setting ini, kita masuk ke Connectivity > internet setting > internet profiles > indosatgprs. Kemudian masuk ke settings di mana kita harus memasukkan user dan password. kita masukkan
user : indosat@durasi
password : indosat@durasi
Untuk kartu sim yang lain tentu saja berbeda, Tergantung masing-masing operator. Ingat setting ini hanya untuk IM3 berbasis time-based.
Setelah setting di hp sudah dilakukan. Hal kedua yang harus dilakukan adalah melakukan setting di komputer kita. Untuk itu kita harus menghubungkan komputer dan hp kita menggunakan koneksi yang ada. Koneksi yang gue pake adalah via bluetooth karena gue ngga punya kabel data untuk hp gue (se k700i). Colokin USB adapter ke usb komputer. Langkah-langkahnya cukup ribet tapi menarik untuk dicoba.
1. Masuk ke dalam bluetooth device melalui control panel. kemudian pada tab device klik add dan biarkan computer mendetect handphone kita. Saat handphone kita sudah terdetect maka akan muncul di layar berupa nama handphone kita. Kita pilih kemudian klik ok. Di sini kita perlu memasukkan passkey, yaitu berupa angka 8 -16 digit baik di hape maupun di komputer dan klik next. Setelah selesai klik finish. Maka kita telah dapat mengkoneksikan komputer dan hp melalui bluetooth dan siap menggunakannya sebagai modem.
2. selanjutnya, masuk ke phone and modem options melalui control panel. Kita pilih tab modem sehingga muncul semua modem yang terinstal di komputer dan klik add untuk menambahkan handphone kita sebagai modem. Kemudian akan muncul kotak instal new modem, klik next, maka computer akan mendetect handphone kita. Setelah muncul nama handphone kita di kotak pilih dan klik ok. Di sini kita telah menginstal modem baru dan akan terdeteksi oleh komputer sebagai standard modem over bluetooth link. Kita bisa melihatnya di phone and modem options di mana kita telah menambahkan modem baru.
3. Selanjutnya, masuk ke network connections melalui control panel. Di sini akan ditunjukkan semua koneksi jaringan yang telah terinstal di komputer kita. Karena kita akan membuat koneksi baru melalui modem handphone maka kita perlu membuat koneksi baru. Kita klik create a new connection di kolom sebelah kiri kotak. Maka akan muncul kotak welcome to the new connection wizard, klik next. Pada network connection type kita pilih connect to internet dan klik next. Kemudian akan muncul kotak cara apa yang akan digunakan untuk koneksi internet. Di sini kita pilih set up my connection manually dan klik next. Kemudian pada kotak internet connection pilih connect using dial-up modem dan klik next. Kemudian kita isi nama ISP yang digunakan, kita isi m3net dan klik next. Selanjutnya masukkan kode *99***X# dan klik next. Kemudian isikan “gprs” pada username dan “im3″ pada password dan klik next. Setelah selesai klik finish. Maka kita telah membuat koneksi baru bernama m3net. Ini akan muncul pada network connection di bawah dial-up. Untuk mengeceknya masuk ke network connection melalui control panel.
4. selanjutnya yaitu memasukkan suatu kode. Masuk ke device manager melalui control panel > system > tab hardware > device manager. Klik dua kali pada modems > sony ericsson k700i modem properties. Klik tab advanced dan masukkan kode berikut ini
At+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
Karena kita menggunakan kartu IM3. dan klik ok.
5. Pada tahap ini kita sudah siap untuk koneksi internet melalui handphone kita. Kita bisa langsung melakukan koneksi melalui connect to > m3net > dial. Maka akan kita dapati bahwa komputer telah melakukan koneksi yang ditandai dengan keterangan di sebelah kanan bawah layar windows. Buka browser dan kita bisa browsing ke alamat website atau pun layanan internet lain yang kita inginkan.
Walau kecepatan koneksi internet dari modem Hp yang kita dapatkan hanya maksimal 115 Kbps, Namun cukup lah untuk kita memaksimalkan sebuah Handphone bekas sebagai modem Internet.
Selamat Mencoba

Trick Sederhana membuat flashdisk KEBAL VIRUS

Khusus utk OS WINDOWS,yg mang rentan bgt trhdp virus.
Ada antivirus buat Flashdisk,tp kadang hanya kompatibel dg Flashdisk keluaran terbaru/U3.
Tuk itu coba trik sederhana gw agar Flashdisk KEBAL VIRUS.
Virus masuk ke UFD(USB FLASH DISK) biasanya melalui file Autorun.inf
jikalau di UFD sudah ada file/folder autorun.inf maka digantikan oleh autorun.inf yg telah ter-infeksi virus.
Mungkin bs coba trik sederhana gw.

Klik; Start,Run
Ketik; cmd,klik OK
Akan muncul jendela command prompt
pindah ke drive tempat UFD
Misal UFD anda di drive G
Ketik G:
Sesudah itu ketik;
md autorun.inf ,enter
md autorun.inf\autorun.ini ,enter
md autorun.inf\autorun.ini\con\\.\\ ,enter.
Tutup jendela command prompt
Maka di UFD akan ada folder autorun.inf yg tidak bisa dihapus(oleh Windows) dan juga tdk bisa diganti/overwrite oleh virus yg sembunyi di autorun.inf
Trik diatas berdasar sbb:
di Windows tdk boleh /tdk dikenal file/folder sama.
Sedang virus meng-infeksi UFD dg cara membuat/mengganti/overwrite file autorun.inf
Jd virus tdk bs menginfeksi UFD karena Windows/virus tdk bisa menghapus/overwrite 'con' folder yg ada di dalam folder autorun.inf
Ga percaya?
Coba buat folder(di Windows) dg nama con,pasti ga akan bisa
Moga bermanfaat.

NB: Flashdisknya harus clean dr virus dulu lo ya

Rabu, 09 Februari 2011

Cara merakit komputer bagian 1 beserta gambar

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah
Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
  1. Penentuan Konfigurasi Komputer
  2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
  3. Pengamanan
Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.
Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.
Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Supply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang card Adapter
  10. Penyelesaian Akhir
1. Penyiapan motherboard
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.
2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket
  1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
  2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
  3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
  4. Turunkan kembali tuas pengunci.
Jenis Slot
  1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
  2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.
3. Memasang Heatsink
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.
4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
  1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
  2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
  3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan
  1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
  2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
  3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.


5. Memasang Motherboard pada Casing
Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
  2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
  3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
  5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
6. Memasang Power Supply
Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
  2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.
  1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
  2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
  3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
  4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
  6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.


8. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:
  1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
  2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
  4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
  5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
  6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
  7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.
9. Memasang Card Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:
  1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
  2. Pasang sekerup penahan card ke casing
  3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.

    10. Penyelessaian Akhir
  1. Pasang penutup casing dengan menggeser
  2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
  3. Pasang konektor monitor ke port video card.
  4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
  5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
  6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.
Pengujian
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
  1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
  2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/
LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Selasa, 08 Februari 2011

Troubleshoting Harddisk

Troubleshoting Harddisk


Banyak masalah terjadi pada komputer akibat kerusakan pada harddisk sehingga PC tidak bisa digunakan.
Berikut ini beberapa masalah yang biasanya diakibatkan kerusakan pada harddisk :
a. PC tidak dapat booting atau start up
b. PC sering hang atau restart sendiri
c. Kesulitan membuka dan membaca data

Penyebabnya :
a. Harddisk tidak tersambung dengan benar pada motherboard
b. Harddisk tidak mendapat power yang baik dari power supply pada casing
c. Kerusakan komponen akibat goncangan/benturan benda keras
d. Terjadi bad sector pada harddisk sehingga kesulitan dalam membaca data.
e. Suhu harddisk terlalu panas sehingga menyebabkan harddisk kesulitan membaca data

Solusinya :
1. Pastikan harddisk sudah mendapat power dari power supply dengan baik
2. Pastikan harddisk terhubung ke motherboard dengan kabel IDE dengan benar pada slot primary master. Jika harrdisk belum berfungsi dengan baik, selanjutnya :
3. Cek harddisk dengan menggunakan tool scandisk dengan cara :
- Lakukan booting dengan disket yang berisi OS DOS:
ketik perintah A:\ Scandisk c: dan tekan enter. PC akan melakukan pengecekan pada harddisk untuk beberapa waktu dan PC akan memberi tanda jika terjadi bad sector pada harddisk.
- Jika harddisk diketahui mengalami bad sector, silahkan atasi dengan cara :
a. Format harddisk dengan program Disk Manager menggunakan tool low level format
b. Gunakan Norton Disk Doctor pada OS berbasis DOS ver. 8.0 atau OS berbasis windows
c. Gunakan software HDDRegenerator. Cukup dengan menjalankan program tersebut, bad sector akan bersih dan diperbaiki dengan sendirinya tanpa harus melakukan apa pun.

Untuk Perawatannya :
1. Hindarkan harddisk dari goncangan dan benturan benda keras.
2. Biasakan membersihkan isi komponen dalam PC dari kotoran secara rutin.
3. Lakukan perintah scandisk terhadap harddisk secara teratur agar terhindar dari crash data dan error disk.
4. Lakukan perintah defragmenter pada harddisk secara rutin.
5. Gunakan antivirus yang bagus agar harddis terhindar dari virus.

Tips Mengetik 10 Jari

Tips Mengetik 10 Jari


Bagi kalian yang memang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, tentu tak terlepas dari kegiatan ketik mengetik. Memang, yang sudah biasa melalukan itu, tak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kegiatan mengetik dalam waktu yang singkat karena memang sudah memahami teknik mengetik 10 jari. Tapi, bagi kita yang baru tahap belajar mengenal komputer, rasanya lama banget untuk menyelesaikan pekerjaan mengetik walau cuma satu halaman. Kadang timbul pertanyaan. Untuk apa belajar mengetik 10 jari apabila dengan 11 jari (cuma menggunakan jari telunjuk kanan dan kiri) saja pekerjaan sehari-hari dapat dilakukan?
Oke kalau begitu. Memang seorang teknisi/yang jarang menggunakan komputer untuk pekerjaannya tidak membutuhkan kecepatan dan kepandaian mengetik sepuluh jari seperti halnya seorang sekretaris, tetapi apabila dihadapkan pada suatu keadaan yang baru, dimana kecepatan merupakan sebuah kebutuhan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat memang diperlukan.
Aku tidak akan menjelaskan secara detil karena di dalam file format pdf dibawah yang siap kamu download sudah dijelaskan dengan rinci bagaimana cara/tips menggunakan keyboad dengan baik, posisi tangan pada keyboard, latihan dasar penguasaan tombol, latihan mengetik cepat dan lainnya.
Bagi yang belum tahu dan ingin belajar bagaimana cara mengetik 10 jari dengan benar, silahkan download file dibawah ini. Pastikan kamu sudah punya pdf reader semisal Adobe Pdf Reader, Foxit Reader atau Pdf Reader yang lain. Jika belum, pada postinganku yang lalu sudah aku tuliskan. Silahkan cari pada kotak pencarian.

Berikut ini file yang perlu kamu download :

[DOWNLOAD PDF 1]

[DOWNLOAD PDF 2]

Senin, 07 Februari 2011

Menguji koneksi kabel DKU-5 atau RS232 (TX -RX) dengan Hyper terminal

Singkat saja,langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Gabungkan/sambung ujung kabel TX dan RX atau bisa dipasang Resistor 100 ohm.
  2. Tancapkan kabel data ke port (USB atau COM sesuai dengan type kabel yang digunakan).sebelumnya driver harus sudah terpasang jika menggunakan USB (DKU-5/CA-42)
  3.  Buka Hyperterminal. Caranya : START > All program > Communi...cation > Hyperterminal.
  4. Pada jendela Conection diskripotion isikan sembarang nama contoh "TES Kabel DKU-5".Klik OK
  5. Jendela selanjutnya Conect To.... pilih baris paling bawah " Connect Using :".pilih COM yang digunakan.seperti yang terdeteksi di Divice manager.
     contoh  : kabel DKU-5 terdeteksi sebagai COM 10 maka  "Connect using : COM10"

6.   Setting COM propertis sebagai berikut:

              Bits per secon   : 9600
              Data bit             :  8
              Parity                 : none
              Stop Bit              : 1
              Flow Control       : none

7.  Perhatikan pada status bar Hyper Terminal, jika satusnya  connected  menandakan bahwa hyper terminal sudah      siap digunakan.
8.  Dengan Keyboard,  ketikkan sembarang karakter
Jika pada layar hyper terminal tampil karakter sesuai dengan karakter yang diketikkan  bearti kabel sudah bisa berkomunikasi antara TX dengan RX nya.
9. Untuk keluar dari hyper terminal klik icon gagang telp terangkat (disconnect), jika ada pemberitahua  save this connection pilih NO
10.   EXIT


" SEMOGA BERMANFAAT  "

Kode kedip untuk Tv Sharp

kode kedip protec tv sharp
  • Kedip 1 kali : bus data error mungkin disebabkan program gagal dalam membaca memory atau bus data (SDA, SCL)
  • Kedip 2 kali : Eprom bermasalah..
  • Kedip 3 kali : Jungle (osc horisontal, vertikal), bisa juga disebabkan karena x-ray (ABL).
  • Kedip 4 kali : Sinkronisasi gagal, video/raster tidak terdeteksi, VIF. Switch AV perlu diperhatikan.
  • Kedip 6 kali : Internal peripheral, nicam, SIF.... Disebabkan data service yang tidak sesuai.
  • Kedip 7 kali : internal setting, format signal, setting decoder. Disebabkan data service yang tidak sesuai.
  • Kedip 8 kali : Tuner (gagal mengeset frekuensi tuner atau tuner tidak terdeteksi), juga bisa disebabkan peripheral luar (misalnya AN5891K, M52797SP) karena bus terganggu.
Lihat Selengkapnya