Sabtu, 05 Maret 2011

Cara servis komputer

Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven


Jika anda memiliki komputer atau laptop dengan jumlah partisi hanya satu bagian alias harddisk tidak dibagi sama sekali, berikut ini  Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven. Cara membagi partisi harddisk yang Kang Eko akan bahas ini terbukti manjur dan cepat serta tidak merusak system ataupun data pada komputer anda. Mari belajar bersama !

Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven.
How to Easily Share Hard Disk Partition Windows XP, Vista, Seven.

Software yang kita butuhkan adalah EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition yang free. Anda dapat mendownloadnya di link ini :
http://www.partition-tool.com/download.htm


Dengan software EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition ini kita dapat membagi partisi hardisk tanpa harus menginstall ulang System, kita dapat membagi partisi hardisk tanpa merusak system ataupun data.

Berikut ini Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven :

Install softwarenya dan jalankan EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition.
Contoh ini menggunakan harddisk 500Gb dan akan dibagi menjadi 2 partisi.

1. Pilih Partisi yang aktif
2. Klik menu Resize/Move


3. Kemudian Geser partisi yang kosong seperti tanda panah no 3 atau isi Partition Sizenya
4. Setelah anda mengatur partisi yang anda inginkan kemudian klik OK. Akan ada hasil partisi yang "Unallocated" atau belum terpartisi.



5. Pilih partisi yang Unallocated.
6. Klik menu CREATE untuk membuat partisi kedua.



7. Masukkan Label atau nama Partisi tersebut kemudian klik OK.


8. Kemudian Klik APPLY untuk membuat permanen proses membagi hardisk di windows XP, Vista, Seven.


9. Bila muncul pesan, klik “Yes” maka komputer anda akan restart Sendiri
10. Ketika komputer anda booting ulang maka proses pembagian partisi akan di jalankan, tunggu sampai komputer tersebut restart kembali dan booting ulang sampai windows anda berjalan dengan normal.

Dan Harddisk anda akan terbagi menjadi 2 bagian. Anda dapat membagi sesuai dengan kebutuhan anda misalnya 3 bagian atau 4 bagian partisi harddisk.

Selamat mencoba !




Cara Membobol Password Windows XP - Seri II


 Cara Membobol Password Windows XP dengan Safe Mode, kali ini Kang Eko akan membahas tentang Cara Membobol Password Windows XP, tapi tidak perlu lewat SAFE MODE tapi lewat booting normal biasa...

Cara Membobol Password Windows XP - Seri II

Oya... sama seperti kemarin, cara ini hanya bisa dilakukan jika User Account ADMINISTRATOR tidak di password.

1. Hidupkan komputer seperti biasa. Tunggu sampai muncul jendela login ...


2. Tekan CTRL ALT DEL 2 (dua) kali, maka akan muncul jendela login dalam bentuk klasik.


3. Ketikkan di Username : administrator, dan password dikosongkan aja... trus klik OK.

4. Windows akan login dengan user Administrator.Kemudian klik di Start lalu Control Panel kemudian pilih User Account. Pilih user account yang akan dibobol passwordnya, sebagai contoh pada gambar di bawah ini user “Deka Handayani”


5. Setelah di klik pada bagian selanjutnya pilih "remove password" untuk mengosongkan password user, Kemudian pilih "confirm remove password"


6. Dan Pasword user Windows XP telah berhasil dibobol. Disini anda juga bisa memberikan password baru pada user target.

Untuk menghindari trik ini dapat dilakukan pada komputer anda. Saya sarankan untuk memberi password pada user administrator anda.

Semoga bermanfaat.



Cara Membobol Password Windows XP dengan Safe Mode


Mungkin anda pernah nemui kasus, windows terpassword, padahal anda harus masuk ke windows untuk cek virus, misalnya. Sedangkan anda atau pemiliknya lupa passwordnya. Tidak usah khawatir, untuk Membobol Password Windows, Berikut ulasan dari Kang Eko ....

Cara Membobol Password Windows XP dengan Safe Mode :

1. Hidupkan Komputer dan tekan - tekan tombol F8 untuk memunculkan boot option windows.

2. Jika sudah muncul boot optionnya, pilih " SAFE MODE "


3. Tunggu sebentar sampai tampilan loginnya keluar.
Nah disini kunci dari trik ini, dalam Windows XP biasanya ada tiga jenis account yaitu Administrator yang memegang penuh sistem operasi, User biasa yang bersifat Administrator dan Guest ( tamu ). Dalam hal ini password milik user selain administrator lah yang akan dibobol .

Kebanyakan penggunaa windows XP tidak tahu dengan user administrator, padahal user administrator memegang penuh akses terhadap windows XP, biasanya pengguna windows XP jarang sekali memakai user administrator ini, apalagi memberi password.
Dan ingat Trik ini hanya bisa dilakukan jika user administrator tidak di beri password. 

Jika ternyata di password ada cara lain yg akan Kang Eko bahas di posting berikutnya. Jika tidak dipassword, Login sebagai administrator.

4. Jika telah berhasil login, maka Hak akses penuh sudah ada ditangan. Untuk merubah password user klik di Start lalu Control Panel kemudian pilih User Account. Pilih user account yang akan dibobol passwordnya, sebagai contoh pada gambar di bawah ini user “Deka Handayani”


5. Setelah di klik pada bagian selanjutnya pilih "remove password" untuk mengosongkan password user, Kemudian pilih "confirm remove password"


6. dan Pasword user Windows XP telah berhasil dibobol. Disini anda juga bisa memberikan password baru pada user target.

Untuk menghindari trik ini dapat dilakukan pada komputer anda. Saya sarankan untuk memberi password pada user administrator anda.

Semoga bermanfaat.

Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian III (FINAL)


Melanjutkan artikel Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian II, kali ini Kang Eko akan membahas Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian III (Terakhir)... Install dengan sistem ghost ini membutuhkan waktu bervariasi bahkan bisa kurang dari 10 menit ... Ok langsung saja ya....

Kemarin kita sudah membuat file image ghost yg akan kita gunakan untuk master install windows XP. Dan sekarang kita akan belajar bagaimana Install Windows XP dari file image ghost yg baru kita buat kemarin. Kalau anda baru mencoba anda akan terkejut, karena waktu yg dibutuhkan untuk install windows yg biasanya berjam2x, kali ini sungguh sangat cepat....

Berikut langkah terakhir ghost install windows ...

1. Siapkan komputer yg akan di install, bisa komputer baru, bisa komputer servisan.
INGAT JANGAN SAMPAI SALAH RESTORE GHOST karena data akan di tumpuk dengan FILE IMAGE GHOST (data bisa hilang).

2. Pasang Harddisk yg akan di install dan Harddisk yang ada FILE IMAGE GHOST yg baru dibuat tadi. Jadi ada 2 harddisk yg terpasang dan 1 cdrom yg akan digunakan untuk booting HIREN'S CD.


3. Untuk Komputer baru : bagi harddisk minimal 2 bagian dengan menggunakan ACRONIS DISK DIRECTOR, yg juga ada di HIREN'S CD. Kenapa menggunakan ACRONIS...? Karena ini cara termudah dan dipastikan 100% berhasil dan kompatibel dengan proses Install via GHOST ini. Untuk panduan membagi harrdisk dengan ACRONIS juga di Upload di ziddu, karena gambar terlalu banyak. Berikut Linknya :
 

http://www.ziddu.com/download/13060606/PANDUANBUATpartisidgAcRONIS-EKOHASAN.zip.html

Kemudian Restore File Image Ghost tadi dengan perintah ghost PARTITION FROM IMAGE ke drive C dengan sumber image dari FILE IMAGE GHOST yg kita buat tadi. Panduannya juga Kang Eko upload di ziddu, (gambar besar dan banyak). Berikut Linknya :

http://www.ziddu.com/download/13060607/PANDUANGhost-InstallCepatWindowsXp-EKOHASAN.zip.html

4. Untuk komputer servisan : pastikan drive C (drive yg akan di install ulang) tidak ada datanya (jika ada data pindah semua data ke drive / harddisk lain).

Kemudian Restore File Image Ghost tadi dengan perintah ghost PARTITION FROM IMAGE ke drive C dengan sumber image dari FILE IMAGE GHOST yg kita buat tadi. Panduannya juga Kang Eko upload di ziddu, (gambar besar dan banyak). Berikut Linknya :

http://www.ziddu.com/download/13060607/PANDUANGhost-InstallCepatWindowsXp-EKOHASAN.zip.html

5. Proses restore FILE IMAGE GHOST ini butuh waktu kurang lebih 10 menit, bahkan bisa kurang tergantung spesifikasi komputer kita.


6. Jika sudah selesai proses ghostnya. Matikan komputer dan lepas harddisk yg ada file image ghostnya. INGAT langkah ini penting, karena kalau harddisk sumber tidak dilepas maka hasilnya windows tidak akan bisa login atau GAGAL.

7. Kemudian test windowsnya dan windows akan mendeteksi hardware baru. Dan install driver yg belum terpasang.

8. Selesai.

Selamat mencoba...
Bahasan berikutnya Install windows SEVEN 15 menit di komputer atau laptop .... tunggu ya....



Cara Mengatasi Keyboard dan Mouse Tidak Terdeteksi


Cara Mengatasi Keyboard dan Mouse Tidak Terdeteksi. Kasus ini mungkin sering dialami oleh rekan2x tehnisi. Langsung menuju ke TKP .....

Penyebab Keyboard dan Mouse Tidak Terdeteksi :

1. Kemungkinan keyboard atau mouse memang mengalami kerusakan.
2. Kemungkinan port keyboard atau mouse di mainboard mengalami kerusakan.

Untuk keyboard atau mouse yg rusak, kita tinggal ganti aja keyboard atau mouse yg rusak tersebut

Sedangkan untuk port keyboard atau mouse di mainboard yg rusak ada beberapa kemungkinan :


1. Port keyboard mouse sudah longgar, sehingga sambungan menjadi tidak sempurna. Ini bisa terjadi jika kita sering lepas pasang keyboard ataupun mouse.
Solusinya adalah dengan mengganti port keyboard mousenya.

2. Tegangan 5 volt untuk catu daya keyboard hilang. Ini biasa disebabkan oleh sekring ataupun komponen dengan simbol L yg putus. komponen dengan simbol L ini sama dengan sekring. Letaknya disekitar port keyboard, biasanya dibelakangnya. Cek komponen ini, jika rusak ganti atau langsung di hubungkan aja dengan kabel serabut 1 biji.

Oya... kabel keyboard mouse kan ada 4, yg tiga keluar tegangan 5 volt dan yg satunya ground. 5 volt pertama catu daya, dan lainnya sebagai data.

3. Tegangan 5 volt hilang karena IC Chip Controller Keyboard Mouse Rusak. Chip Controller Keyboard Mouse yg biasa dipakai di mainboard yaitu : ITE dan WINBOND. Contoh serinya IT8702F-A dan 83977EF-AW, dan masih banyak seri lainnya. Ukuran Chip ini 1 x 1,5 cm dan letaknya masing2x mainboard berbeda.
Solusi : ganti chip controller keyboard mouse.
Berikut contoh gambarnya :


Atau kalau anda kesulitan untuk mengganti chipnya, pakai aja konektor USB to PS-2.


Selamat mencoba , semoga berhasil.....

Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian I


Artikel ini adalah awalan ketika kita mau install Windows XP dalam 10 Menit.  kali ini adalah tentang Urutan Cara Install Windows XP 10 Menit. Jadi untuk cara detailnya ada di posting berikutnya, karena kalau langsung dibahas disini terlalu panjang. Mari kita lanjuuttt ...

File Image Ghost ini adalah hasil dari Windows kita yg dijadikan 1 file image .gho oleh program norton ghost. Dan kebetulan kali ini kang Eko menggunakan Hiren's CD yg didalamnya sudah ada Norton Ghost 11.5.
Hiren's CD bisa di cari dan download  di sini. trus klik search.

Berikut Urutan Cara Install Windows XP 10 Menit :

1. Bagi harddisk menjadi 2 bagian / partisi.

2. Instal windows xp + software pelengkapnya (winamp, adobe reader, dll). Tapi jangan install drivernya.

3. Ubah IDE Controller Driver di Device Manager menjadi Standart agar windows tidak blue screen jika dipindah ke komputer lain. Caranya baca di Cara Agar Windows tidak Blue Screen ketika Di Pindah ke Komputer lain.

4. Jika Instalan Windows dan software standart pelengkapnya sudah OK, selanjutnya adalah ....

5. Buat file Image Ghost dari Instalan Windows yg kita buat tadi. Buat Imagenya yang PARTISI TO IMAGE. Agar bisa digunakan lebih flexibel, yaitu bisa kita pasang di komputer servisan yg windowsnya rusak sedangkan datanya ada di drive selain C.

6. File Image Ghost ini bisa digunakan untuk install di sembarang komputer dengan catatan. (catatan ada di bagian bawah)

7. Siapkan komputer yg akan di install, bisa komputer baru, bisa komputer servisan.
INGAT JANGAN SAMPAI SALAH RESTORE GHOST karena data akan di tumpuk dengan FILE IMAGE GHOST (data bisa hilang).

8. Pasang Harddisk yg akan di install dan Harddisk yang ada FILE IMAGE GHOST yg baru dibuat tadi.

9. Untuk Komputer baru : bagi harddisk minimal 2 bagian, kemudian Restore File Image Ghost tadi dengan perintah ghost PARTITION FROM IMAGE ke drive C dengan sumber image dari FILE IMAGE GHOST yg kita buat tadi.

10. Untuk komputer servisan : pastikan drive C (drive yg akan di install ulang) tidak ada datanya (jika ada data pindah semua data ke drive / harddisk lain). Kemudian Restore File Image Ghost tadi dengan perintah ghost PARTITION FROM IMAGE ke drive C dengan sumber image dari FILE IMAGE GHOST yg kita buat tadi.

11. Proses restore FILE IMAGE GHOST ini butuh waktu kurang lebih 10 menit, bahkan bisa kurang tergantung spesifikasi komputer kita.

12. Jika sudah selesai proses ghostnya. Matikan komputer dan lepas harddisk yg ada file image ghostnya. INGAT langkah ini penting, karena kalau harddisk sumber tidak dilepas maka hasilnya windows tidak akan bisa login.

13. Kemudian test windowsnya dan windows akan mendeteksi hardware baru. Dan install driver yg belum terpasang.

14. Selesai.

CATATAN :

1. Image Ghost Komputer Pentium 3 800Mhz bisa digunakan untuk restore ke Pentium 3, 4 soket 478, 4 soket LGA, bahkan kadang Laptop seri lama.

2. Image Ghost Komputer Pentium 4 soket 478 bisa digunakan untuk restore ke Pentium 3, 4 soket 478, 4 soket LGA, bahkan kadang Laptop seri lama.

3. Image Ghost Komputer Pentium 4 soket LGA bisa digunakan untuk restore ke Pentium 4 soket 478 (tapi ada yg gak bisa), 4 soket LGA.

4. Untuk restore laptop, maka kita harus membuat image ghostnya dengan windows laptop juga, karena kebanyakan image ghost dari PC tidak berhasil.

Untuk penyimpanan File Image Ghost :

Bisa dg Harrdisk, Flasdisk, ataupun harddisk external, yang penting bisa dikenali oleh program Norton Ghost 11.5 tadi.

Dan cara ini sering juga kang Eko gunakan untuk Windows Seven dan berhasil.
Bersambung di Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian II ,.....





Cara Mudah Download All Driver Komputer dan Laptop


 Cara Mudah Download All Driver Komputer dan Laptop.  posting, tapi posting kemarin menggunakan software untuk mencari drivernya.







Cara Download Driver VGA, Sound, LAN, Wifi, dan Chipset secara Otomatis

Cara Download Driver VGA, Sound, LAN, Wifi, dan Chipset secara Otomatis.

Banyak dari teman-teman yg kadang kesulitan untuk mencari driver komputernya baik itu VGA, Sound, Lan Card, Wireless Lan, maupun chipset Mainboard.

Berikut ini ada tool yang sangat menarik, Program ini ukurannya sangat kecil yaitu sekitar 500kb dan langsung bisa dijalankan tanpa perlu diinstall. Program ini namanya 3DP Chip.

Berikut Link Download Programnya :
http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/3DP-Chip.shtml

Ketika 3DP Chip dijalankan maka 3DP Chip akan mendeteksi secara otomatis jenis driver dari perangkat komputer yg kita miliki. berikut gambarnya....



Kemudian, anda tinggal klik driver yg dibutuhkan, misal video driver (VGA), maka secara otomatis 3DP Chip akan mencarikan link driver untuk anda download. Berikut Contoh gambarnya....





Dan Driver siap untuk di download,



Syaratnya anda harus online internet, maka segalanya akan menjadi lebih mudah...


 Sumber:
http://ekohasan.blogspot.com/search/label/Cara%20Service%20Komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar